...
Sumber Gambar Dari webnesia.co.id

Praktik optimisasi mesin pencari (SEO) mencakup berbagai strategi pengoptimalan. Secara umum, strategi ini terbagi dalam dua kategori utama: SEO on-page dan SEO off-page. Untuk memenangkan persaingan menjadi nomor satu di Search Results Page (SERP), Anda perlu memahami dan memanfaatkannya dengan benar.


Apa itu SEO On Page?

Mari kita mulai dengan memahami apa itu SEO di halaman. SEO di halaman Anda adalah cara untuk mengoptimalkan halaman situs web Anda untuk lalu lintas organik dan meningkatkan peringkat situs web Anda di Halaman Hasil Pencarian (SERP).

Praktik SEO pada halaman termasuk mengoptimalkan HTML halaman web, merancang tautan internal yang tepat, dan mengelola metadata yang tepat (judul meta, deskripsi meta, dan kepadatan kata kunci). Tidak hanya itu, praktik di atas juga harus disertai dengan multimedia yang terkait dengan konten berkualitas tinggi.


Pentingnya Optimasi Mesin Pencari di Halaman

SEO pada halaman membantu mesin pencari menganalisis situs web dan kontennya sehingga mereka dapat mengenali ketika ada pencarian terkait. Lebih dari 50% lalu lintas situs web saat ini berasal dari mesin pencari. Menariknya, situs yang berperingkat tinggi di SERP bisa mendapatkan 91,5% lebih banyak lalu lintas daripada situs yang tidak terdaftar di halaman pertama SERP. Untuk alasan ini, SEO pada halaman penting untuk merencanakan pengembangan situs web Anda dan menerapkan strategi SEO Anda.


Pengoptimalan situs web menggunakan strategi SEO on-page

Pendekatan optimasi on-page berarti Anda memiliki kendali penuh atas penerapan strategi SEO Anda di situs web Anda. Penting untuk diketahui bahwa strategi pada halaman ini berperan penting dalam membantu mesin telusur merayapi dan memahami konten situs web Anda. Periksa daftar berikut untuk tips SEO yang berlaku di halaman.


Pilih kata kunci yang sesuai

Tentu saja, riset kata kunci adalah kunci sukses merancang strategi dan situs web yang cocok untuk SEO. Memilih kata kunci yang tepat akan membantu Anda menjangkau audiens yang tepat melalui mesin pencari. Karena itu, selalu ingat untuk memilih kata kunci yang relevan dengan bisnis atau blog Anda untuk lalu lintas berkualitas. 

Gambar dan video perlu ditingkatkan untuk mengoptimalkan halaman arahan. Ini tidak hanya dapat menarik pengunjung, tetapi juga dapat meningkatkan lalu lintas organik ke situs web Anda.


Sertakan tag judul, deskripsi meta, dan kata kunci yang terkait dengan paragraf pertama

Setelah Anda memiliki kata kunci yang relevan, Anda harus memasukkannya di tempat yang tepat. Sertakan kata kunci yang dipilih dalam judul artikel, tag judul, deskripsi meta, dan 150-200 kata pertama konten. Ini untuk memudahkan mesin telusur merayapi dan mengindeks konten Anda.

Gambar di atas adalah contoh penggunaan tag judul di situs web IKEA. Title tag yang dimaksud adalah judul halaman yang muncul di bagian atas menu. Dalam contoh ini, "Peralatan dapur-IKEA". Deskripsi singkat di bawah tag judul adalah bagian yang disebut deskripsi meta.


Sertakan metadata

Metadata ada dalam kode HTML untuk setiap halaman situs web Anda. Secara khusus, tag judul halaman dan deskripsi meta disertakan dalam metadata. Mesin pencari kemudian menggunakan data ini untuk mempelajari konten dan konten situs web.


Unggah gambar yang dioptimalkan untuk mesin pencari

Tentunya saat mendesain website yang cocok untuk SEO, Anda juga bisa memasukkan konten berupa gambar. Bahkan, mesin pencari kesulitan mengenali gambar. Oleh karena itu, Anda harus ingat untuk memasukkan kata kunci yang benar untuk judul gambar dan teks alternatif.

Kiat Profesional: Selalu ingat untuk memasukkan kata kunci sealami mungkin dan sertakan teks alternatif. Beberapa pakar SEO menyarankan agar tidak menyalahgunakan kata kunci. Itu benar, tentu saja, tetapi itu adalah cara ninja untuk memasukkan kata kunci sesedikit mungkin ke dalam gambar saat menjelaskan gambar.

Desain struktur peta situs yang sangat baik

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah struktur situs web Anda. Arsitektur situs web adalah aspek penting dari strategi SEO Anda, jadi pastikan untuk mendesain situs web Anda dengan struktur yang tepat. Mesin pencari menggunakan struktur ini untuk menemukan dan memilih halaman terpenting di situs web Anda.

Studi kasus: Saya dipekerjakan oleh toko online untuk mengaudit situs web mereka. Omong-omong, toko online ini menggunakan Shopify. Ketika saya periksa, saya menemukan bahwa struktur situs web sangat tidak efisien dan ada banyak duplikasi halaman.

Kemudian Anda mungkin bertanya kepada saya, "Seperti apa struktur peta situs yang bagus? Apa itu struktur yang tidak efisien?"

Beberapa ahli mungkin menggambarkan "gerakan navigasi" ke sistem yang terkait dengan navigasi. Namun, Anda memerlukan peta situs yang efektif untuk memetakan setiap halaman dengan struktur yang tepat.


Buat struktur URL yang tertata rapi

Bukan hanya situs web Anda yang membutuhkan desain ramah SEO, tetapi URL kontennya juga harus ramah SEO. URL yang cocok untuk SEO membantu mesin pencari memahami konten dan tujuan konten. Idealnya, URL yang SEO friendly tidak mengandung terlalu banyak karakter dan mengandung kata kunci target.


Bangun tautan internal yang kuat

Tautan internal adalah sekumpulan hyperlink di bagian konten tertentu yang mengarahkan pemirsa ke konten terkait lainnya di situs yang sama. Menyertakan tautan internal membantu mesin pencari mencari, mengindeks, dan memahami konten halaman situs web Anda. Jika dilakukan dengan benar, tautan internal dapat membuat izin laman untuk laman yang dianggap penting dan relevan oleh mesin telusur.


Buat konten berkualitas tinggi

Tentu saja, konten berkualitas tinggi adalah salah satu kunci untuk melakukan SEO di halaman Anda. Google sendiri telah menetapkan pedoman yang baik untuk membuat konten agar sesuai dengan aturan EAT, yang merupakan singkatan dari Expert, Trusted, dan Trustworthy.


Pakar mengacu pada kualifikasi dan kredibilitas konten dan pembuatnya, kredibilitas mengacu pada berapa kali situs web dan konten dirujuk untuk topik dan kata kunci tertentu, dan kredibilitas mengacu pada konten yang berisi informasi yang benar, artinya tidak menyesatkan pengunjung.


Buat konten yang komprehensif

Selain memenuhi aturan EAT, pastikan konten Anda berisi informasi yang lengkap. Mengapa ini penting? Mesin pencari selalu ingin memudahkan pengguna untuk mencari. Salah satunya adalah tampilan konten yang lengkap dan komprehensif. Oleh karena itu, jika konten Anda mencakup topik dengan benar, situs web dan konten Anda kemungkinan akan menempati peringkat pertama.


10. Hindari duplikat konten

Jika mesin pencari mengindeks konten Anda dan menemukan konten yang sama di URL yang berbeda, Anda tidak akan dikenakan sanksi secara langsung. Namun, ini dapat memengaruhi urutan pengambilan konten. Ini karena mesin pencari mengidentifikasi konten yang sangat mirip. Akibatnya, mesin pencari akan kesulitan menentukan versi mana yang paling lengkap dan paling relevan dengan tujuan pencarian Anda.

Waktu yang singkat untuk memuat situs

Saat merancang situs web yang cocok untuk SEO, waktu pemuatan sering diabaikan. Faktanya, menurut Google, 53% pengguna meninggalkan situs web ketika waktu buka yang diperlukan untuk menampilkan konten melebihi 3 detik. Waktu muat dapat dikurangi dengan beberapa cara, termasuk mendesain situs web yang responsif dan ukuran konten yang dikompresi sepenuhnya.


Tambahkan item konten yang dimiliki pesaing Anda

Saat membuat konten yang menargetkan kata kunci tertentu, lakukan riset pertama Anda untuk melihat apakah pesaing Anda menargetkan kata kunci tersebut dan berada di peringkat 1 hingga 3. Apa kesamaan dari ketiga konten ini? Apa bedanya? Apa unsur-unsur situs di tempat pertama?


Situs web biasanya berada di tempat pertama, dan halaman pertama berisi hampir semua yang Anda butuhkan untuk konten Anda (termasuk, tentu saja, pengoptimalan di luar halaman seperti pembuatan tautan).

Desain situs web yang responsif

Sangat penting untuk merancang situs web responsif Anda sehingga memberikan pengalaman menonton dan menjelajah yang menyenangkan bagi audiens di berbagai perangkat, terutama mereka yang mengakses situs web Anda melalui perangkat seluler. Desain responsif dapat mengurangi waktu buka yang diperlukan dan meningkatkan kinerja dan peringkat situs web Anda. kesempurnaan yang ada di situs web Anda adalah ketika mencapai dengan cepat di halaman situs web Anda.

Selain tips diatas, kalian juga harus mempahami kekurangan dari penerapan SEO On Page.

dengan begitu kalian bisa meminimalisir setiap kekurangan tersebut dan mengubahnya menjadi kelebihan.

Sangat kompetitif

Banyak pemilik website ingin menempati posisi teratas baik di mesin pencari. Itulah mengapa persaingan SEO begitu sengit. Karena persaingan yang ketat di dunia SEO, pemilik website perlu menargetkan kata kunci yang sesuai dengan hasil riset pasar.


Butuh waktu yang lama

Saat mengirimkan SEO yang tepat dan relevan, ada banyak langkah yang harus diambil untuk mencapai hal ini. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan jasa SEO untuk mencapai tujuannya dan mengindeks situs web mereka dengan baik agar dapat ditampilkan di halaman utama mesin pencari.


Ikuti terus algoritmanya

Saat menggunakan SEO, selalu penting untuk memperbarui teknik dan strategi saat menggunakan SEO, sehingga perkembangan sistem kerja algoritme dan mesin pencari harus selalu ditinjau dan dipantau secara berkala. Jika sistem operasi atau algoritme mesin telusur Anda berubah dari waktu ke waktu, Anda harus segera memperbaiki situs web Anda agar tidak bertentangan dengan sistem operasi mesin telusur Anda.


Mesin pencari seperti Google secara teratur memperbarui algoritme mereka untuk lebih memahami tujuan pencarian Anda dan menampilkan hasil pencarian yang lebih relevan dan bertarget. Oleh karena itu, kami perlu terus mengembangkan algoritme ini dan meningkatkan situs web dan konten kami.

Copyright © 2021

   

teknikgadget.com