Teknologi Sistem Pembayaran


Perkembangan Sistem Pembayaran

Perkembangan cara bayar masyarakat berubah dari tahun ke tahun, yang berawal dari barter, kemudian memakai uang logam lanjut memakai uang kertas dan pada akhirnya sekarang berkembang ke digital. ditahun-tahun sebelumnya banyak orang masih mengandalkan uang tunai, kartu debit dan kartu kredit. seiring berjalannya waktu, mereka pun akhirnya beralih ke sistem pembayaran digital.

Dan berikut ini teknologi dari sistem pembayaran yang sedang banyak di pakai untuk alat pembayaran.

1. Smile Pay

Sistem pembayaran yang satu ini memang cukup unik. cukup dengan tersenyum, otomatis orderan kamu bisa langsung terbayar. teknologi ini pertamakali di tunjukan oleh Yum China Holdings Inc yang bekerja sama dengan Ant Financial dalam membangun face recognition software.

Sistem kerja dari smile pay adalah dengan memindai wajah konsumen untuk membeli, kemudian memasukan nomor ponsel. tujuan diciptakannya teknologi ini adalah, untuk menghindari penipuan dan pemalsuan identitas. karena Smile Pay menggunakan sistem kombinasi kamera 3D dan deteksi algoritma.

2. Retinal Scan Payment

Sistem pembayaran kedua adalah retinal scan payment. yaitu sistem pembayaran menggunakan tatapan mata. sistem kerja dari alat pembayaran ini adalah dengan memindai selaput pelangi dari bola mata manusia.

Teknologi retinal scan payment untuk saat ini sedang digunakan perusahaan telekomunikasi di jepang, yang bernama NTT Docomo. dan bekerjasama dengan produsen smartphone Arrows NX F-4G.

3. Chip Payment

Teknologi pembayaran ketiga adalah dengan chip, yang saat ini sedang dikembangkan oleh negara swedia. saat ini lebih dari 4000 warga di swedia telah di tanami chip di pergelangan tangannya. hal ini membuat transaksi dan aktivitas masyarakat disana lebih praktis daripada biasanya. pasalnya mereka sudah tidak perlu repot membawa dompet dan uang tunai kalau hanya soal pembayaran dan aktivitas yang menggunakan identitas.

Pengembang dari teknologi ini adalah BioHax International. mereka mengembangkan microchip implant menggunakan teknologi Near Field Communication. cara kerjanya adalah, ketika microchip diaktifkan oleh smartphone atau alat scanner maka sejumlah data mengalir antara kedua perangkat lewat gelombang elektromagnetik.

4. Fingerprint Payment

yang keempat ada fingerprint. kita tahu teknologi ini sudah ada disetiap smartphone terbaru saat ini. dan sekarang bukan hanya sebagai kunci akses smartphone, tapi sudah menjadi alat pembayaran. ditahun 2015 di jepang sudah menerapkan fingerprint sebagai metode pembayaran masyarakatnya.

Sistem ini nantinya juga akan di proyeksikan untuk menarik uang lewat ATM. hal ini sebagai bentuk peningkatan keamanan untuk mengurangi kasus penipuan transaksi dengan kartu curian.

 

5. Smart Ring

Jika gelang dan jam tangan sudah bisa digunakan sebagai alat pembayaran, maka saat ini cincin pun juga bisa. dialah Kerv Smart Ring, sebuah cincin pintar pertama didunia yang mempunyai teknologi Near Field Communication (NFC).

Cincin ini pertamakali diperkenalkan di london, inggris. dengan desain yang kuat, elegan, serta tahan air. pilihan warnanya pun juga banyak, sampai 14 warna loh. sampai saat ini ada dua vendor yang menciptakan smart ring, yaitu MasterCard dan Visa.

6. QRIS

Terakhir ada QRIS, alat pembayaran yang satu ini dikembangkan oleh bank indonesia sendiri. hal tersebut dilakukan supaya merchant tidak perlu membuat banyak jenis QR kode di berbagai produk dompet digital. karena dengan QRIS semua sudah terintegrasi menjadi satu.

Copyright © 2022

   

teknikgadget.com