Bank Digital


Apa Itu Bank Digital

Bank Digital adalah sebuah layanan perbankan yang dilakukan secara online. bank digital sama halnya dengan bank-bank biasa yang kamu temui di daerah kamu, cuma perbedaannya terletak dari pelayanannya saja yang serba online. mulai dari berkomunikasi dengan nasabah, pendaftaran nasabah, pembukaan rekening, transaksi antar bank, sampai penutupan rekening pun bisa dilakukan secara online.

Contoh Bank Digital

Karena trend bank digital semakin naik, hal tersebut membuat para raksasa-raksasa besar seperti shopee, gojek, dan grab pun ikut turun tangan untuk mencicipi legitnya bisnis bank digital. pesatnya kemajuan teknologilah yang membuat bank digital diciptakan. dan berikut ini contoh bank digital paling populer di indonesia.

JENIUS

Jenius adalah bank digital pertama di indonesia yang di dirikan oleh bank BTPN. awalnya bank ini hanya melayani layanan keuangan biasa seperti menabung dan transaksi keuangan. tetapi karena persaingan bank digital semakin ketat, membuat bank jenius melakukan inovasi, yaitu menambah variasi produk mereka seperti investment, wealth management, asuransi, dan lain-lain. selain itu pihak bank jenius pun mengubah tampilan UI/UX nya supaya lebih mengena.

DIGIBANK

Digibank adalah bank digital buatan bank DBS yang diluncurkan pada tahun 2017 di indonesia. menyusul setelah bank DBS berhasil meluncurkan digibank di india dan menciptakan 1,5 juta nasabah baru. produk yang dimiliki digibank saat ini adalah tabungan, investasi, kredit, pinjaman, sampai transfer valas. dan beberapa waktu lalu digibank telah meluncurkan produk investasi reksadana. diharapkan nanti para nasabah bisa bertransaksi hanya dengan bermodal 100 ribu saja.
 

WOKEE

Selanjunya ada Wokee, sebuah bank digital buatan dari bank bukopin. fitur yang ditawarkan dari bank ini adalah kemudahan membayar tagihan, isi pulsa, uang elektronik, split bill sesama akun wokee. dan saat ini wokee sudah bisa buat topup e-wallet seperti OVO, GOPAY dan LINKAJA, bahkan nasabah wokee sudah bisa menarik uang tanpa kartu ATM. dan sama seperti jenius, woke juga mengubah tampilannya agar nasabah mendapatkan experience lebih.

 

Bank Jago

Bank Jago adalah bank konvensional yang mengubah namanya menjadi bank jago. awalnya bank ini bernama bank artos, kemudian di tahun 2020 merubah namanya menjadi bank jago sekaligus merubah seluruh sistem didalamnya menjadi digital. seperti taglinenya "tumbuh bersama mencari peluang baru" yang ditunjukan bergabung dengan idx. ditambah pada desember 2020 lalu, 22% saham bank jago di akuisisi oleh gopay, yang merupakan anak perusahaan gojek. dan nantinya bank jago akan terintegrasi dengan gopay sehingga membuat bank jago jauh lebih cepat tumbuh.

Bank NEO Commerce

Bank ini sebelumnya adalah Bank Yudha Bhakti yang dimiliki oleh GOZCO grup dan beberapa induk koperasi milik TNI, yang kemudian saat ini 24,08% sahamnya dipegang akulaku. transformasi layanan dari bank ini yang awalnya berjalan konvensional berubah menjadi full digital. dan transformasi tersebut membuahkan kerjasama antara Bank Neo dengan raksasa teknologi seperti Huawei, Sunline, dan Tencent Cloud. bahkan peningkatan infrastruktur ini hingga membuat Bank Neo mengalami beban operasional sebesar Rp. 268 miliar, hanya untuk memberikan experience lebih dan keamanan data bagi pengguna.

Copyright © 2022

   

teknikgadget.com