Apa Itu Hosting


Apa itu hosting?

Daftar Isi:

1. Apa itu hosting?

2. Jenis layanan utama

3. Klasifikasi lainnya

4. Penggunaan praktis

5. Perbedaan antara hosting dan domain

6. Perbedaan antara hosting dan server lokal

7. Apa yang harus dicari ketika memilih hosting

8. Kesimpulan

 

Hosting merupakan layanan yang memungkinkan Anda menempatkan sumber daya Anda sendiri di Internet, mengisinya dengan konten, mempertahankan kinerja, dan memastikan ketersediaan konstan disebut hosting. Untuk menghubungkan dengan benar jenis hosting tertentu dengan persyaratan sumber daya, Anda harus memiliki pengetahuan dasar di bidang industri TI ini. Misalnya, memahami cara kerja server dan memiliki keterampilan untuk mengonfigurasinya.

Pada artikel ini kita akan melihat apa itu hosting, siapa yang membutuhkannya, dan bagaimana perbedaan jenis hosting secara praktis. Informasi ini akan berguna bagi pemilik dan administrator situs, pemrogram, dan webmaster.

Apa itu hosting?

Pengertian Hosting adalah layanan untuk menempatkan dan menyimpan informasi di server yang memiliki akses konstan ke Internet. Server terletak di penyimpanan khusus - pusat data yang dimiliki oleh penyedia hosting atau organisasi layanan terpisah. Manajemen jarak jauh sumber daya yang disediakan oleh hosting dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak khusus (panel kontrol hosting dan panel penagihan).

Penyedia hosting adalah perusahaan yang menyediakan layanan hosting. Mereka memastikan pengoperasian sumber daya klien, melindungi mereka dari serangan peretas, dan menyediakan pemeliharaan. Sumber daya apa pun membutuhkan layanan dari penyedia hosting, bahkan jika itu adalah situs kartu nama kecil atau situs satu halaman.

Basis data hosting, server surat untuk mengirim email, penyimpanan file, atau penyediaan domain dapat disertakan dalam paket layanan dasar atau disediakan dengan biaya.

Jenis Hosting

Sebagian besar perusahaan menawarkan pelanggan beberapa jenis hosting sekaligus. Mereka berbeda dalam karakteristik teknis, jenis sewa dan biaya. Layanan dipilih tergantung pada tugas dan skala sumber daya Internet, jumlah daya komputasi dan memori yang diperlukan.

~Hosting Virtual ( Hosting bersama).

~Server khusus virtual atau VPS (Virtual Private Server).

~Server Cloud.

~Hosting Cloud.

~Server khusus.

~Penempatan server atau colocation.


 

Hosting bersama

Hosting bersama adalah jenis hosting di mana sejumlah besar situs web berada di satu server. Hosting bersama menawarkan kontrol minimal atas server. Ini adalah jenis hosting paling populer di Web, karena paling terjangkau dan tidak memerlukan pengetahuan khusus untuk mengelola server.

Fitur utama dari layanan ini adalah bahwa klien berbagi ruang yang dialokasikan di server dengan sumber daya web lainnya. Secara sederhana, semua daya server yang tersedia, termasuk memori, ruang disk, dan daya pemrosesan, masuk ke domain publik.

Keuntungan:

~Biaya rendah.

~Panel kontrol yang sederhana dan intuitif.

~Tidak memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam untuk bekerja.

~Penyedia layanan bertanggung jawab untuk mengonfigurasi, memelihara, dan mengelola server.

kekurangan:

~Konfigurasi server terbatas.

~Tingkat keamanan yang tidak cukup tinggi.

~Tim pendukung tidak selalu kompeten dalam memecahkan masalah teknis.

~Lalu lintas proyek lain dapat memperlambat kerja server, akibatnya kecepatan pemuatan situs web rendah.

~Kegagalan server karena satu situs dapat memengaruhi situs lain yang berada di server yang sama.

~Sejumlah besar situs web dapat ditemukan di satu alamat IP. Ketika satu situs tidak disukai oleh mesin pencari, yang lain menderita.

~Kinerja tidak memadai untuk proyek skala besar.

~Jenis layanan ini cocok untuk proyek baru dan anggaran rendah. Misalnya, blog dengan lalu lintas rendah (hingga 1000 pengguna unik per hari), situs kartu nama, atau toko online kecil.

VPS

VPS (Virtual Private Server) pengguna diberikan server virtual dengan hak istimewa maksimum, yang mensimulasikan pengoperasian server fisik. Seperti dalam kasus hosting virtual, VPS menyediakan pembagian sumber daya server di antara banyak proyek, tetapi tidak seperti yang terakhir, jumlah sumber daya ini jelas dijamin, sesuai dengan tarif yang dipilih.

Klien mendapatkan server virtual terpisah dengan akses root. Dia dapat mengubah sistem operasi, perangkat lunak, membuat akun dan mengalokasikan sejumlah sumber daya yang tersedia untuk mereka. Dalam Berbeda dengan shared hosting , pelanggan menggunakan kekuatan pemrosesan tetap dan memori, yang independen dari arus beban dan menyediakan jumlah yang terjamin.

Keuntungan:

~Server yang paling mudah diakses. Harga VPS adalah sekitar setengah dari harga analog.

~Sumber daya terjamin dan tidak ada ancaman overselling.

~Situs dan proyek web pengguna lain tidak memengaruhi kinerja dengan cara apa pun.

~Fleksibilitas tinggi dalam pemilihan perangkat lunak - Anda dapat menginstal dan mengkonfigurasi hampir semua sistem operasi dan perangkat lunak.

~Kemampuan untuk mengikat sejumlah domain (dalam sumber daya yang dialokasikan).

~Akses administratif penuh ke semua sumber daya dari server khusus.

~Tingkat keamanan yang tinggi.

Kekurangan:

~Harga untuk layanan lebih mahal daripada shared hosting.

~Membutuhkan pengetahuan teknis untuk mengkonfigurasi dan mengelola server.

~Cocok untuk proyek berukuran sedang, berkembang pesat, dan aktif berkembang dengan kebutuhan daya komputasi yang meningkat.

Server dan hosting cloud

Server cloud ("cloud" pribadi) adalah analog dari VPS yang beroperasi berdasarkan cluster cloud. Cluster ini didukung oleh sumber daya bersama dari beberapa server fisik yang dapat dipertukarkan. Ketika salah satu dari mereka sibuk atau tidak berfungsi, lalu lintas secara otomatis beralih ke yang berikutnya, yang menyediakan akses stabil.

Perbedaan utama dari server virtual adalah bahwa cloud menggunakan beberapa server (IaaS) atau satu set mesin virtual sekaligus, dan VPS dibuat berdasarkan sumber daya khusus dari satu server.

Cloud hosting ("cloud" publik") adalah analog dari hosting web virtual, di mana sumber daya bersama bukan fisik, tetapi server khusus virtual dibagikan. Sumber daya yang diperlukan dialokasikan oleh penyedia hosting sesuai permintaan, oleh karena itu harga dihitung dari parameter ini.

Keuntungan:

~Keandalan yang tinggi. Kegagalan pada satu server tidak mempengaruhi proyek.

~Itu bisa skala dengan cepat. Sumber daya yang diperlukan untuk operasi proyek yang benar dialokasikan sesuai permintaan.

~Biaya dihitung secara individual sebagai sumber daya yang digunakan.

Kekurangan:

~Sulit untuk memastikan keamanan yang lengkap karena sumber daya didistribusikan di server yang berbeda.

~Sulit untuk menghitung biaya layanan di muka.

~Tidak ada kontrol penuh atas sumber daya karena pembatasan hak akses ke server yang membentuk cluster virtual.

~Mungkin ada penundaan dalam memuat situs dan proyek Internet lainnya.

~Cocok untuk proyek besar dengan lalu lintas tinggi. Situs dan layanan berjalan di awan yang membutuhkan ketersediaan konstan, kemampuan untuk memproses sejumlah besar operasi pada saat yang sama, dan kemampuan untuk menerima arus pengunjung yang meningkat secara dramatis.

Server khusus

Dedicated server adalah jenis hosting di mana klien menyewa server fisik yang terletak di pusat data dari penyedia. Peralatan server khusus bekerja secara eksklusif dengan sumber daya klien.

Sebuah dedicated server dapat disesuaikan dengan keinginan Anda dengan mengubah konfigurasi, menginstal sistem operasi dan perangkat lunak yang sesuai. Layanan ini hampir sama dengan membeli server.

Keuntungan:

~Keamanan tinggi.

~Kontrol penuh atas konfigurasi server fisik.

~Kemampuan untuk menginstal OS dan perangkat lunak apa pun.

~Efisiensi dan keandalan tinggi karena fakta bahwa daya dialokasikan untuk pekerjaan satu sumber daya.

kekurangan:

~Biaya layanan yang cukup tinggi.

~Pengetahuan teknis yang mendalam tentang manajemen dan konfigurasi server diperlukan.

~Kurangnya dukungan teknis.

~Server khusus cocok untuk proyek besar dengan anggaran besar, situs Internet, dan toko dengan beban dan lalu lintas tinggi.

Colocation

Colocation - penyedia menempatkan peralatan klien di areanya. Pusat data sering bertindak seperti itu.

Jenis hosting ini mengasumsikan bahwa pihak hosting memiliki kapasitas mesin sendiri. Peralatan terhubung ke listrik, penyedia layanan menyediakan pemeliharaan dan konektivitas ke Jaringan melalui saluran bandwidth tinggi.

Seringkali, paket dasar tarif colocation mencakup organisasi akses jarak jauh, catu daya cadangan, pemeliharaan rezim iklim, keamanan fisik, pemeliharaan penuh dan pemantauan peralatan.

Keuntungan:

~Servernya sendiri bekerja secara eksklusif untuk proyek klien dan tidak membuang daya komputasi di situs atau proyek lain.

~Pemasok memastikan keamanan peralatan dan pemeliharaannya.

~Dimungkinkan untuk memberikan layanan tambahan, yang daftarnya tergantung pada kontrak yang disepakati.

kekurangan:

~Mahalnya biaya pembelian peralatan server dan sewa ruang di data center.

~Pengetahuan teknis yang mendalam dan pengalaman dengan peralatan diperlukan.

~Kurangnya dukungan teknis.

~Seperti halnya server khusus, layanan ini cocok untuk proyek yang sangat besar yang memiliki peralatan sendiri dan memerlukan ketersediaan tanpa gangguan.

Klasifikasi lainnya

Ini adalah jenis hosting bersyarat, yang hanya berbeda dalam pengaturan dan dapat diterapkan berdasarkan salah satu jenis di atas. Misalnya pada web hosting atau dedicated server.


 

Hosting menurut jenis manajemen server

Jenis ini menunjukkan sistem operasi mana yang berada di bawah kendali server itu sendiri. Berlawanan dengan kesalahpahaman umum, jenis perangkat lunak di server sama sekali tidak membatasi pengguna dengan jenis OS yang berbeda. Artinya, dari komputer Windows, Anda dapat dengan mudah mengunjungi situs yang dihosting di hosting Linux.

Hosting UNIX / Linux

Hosting diimplementasikan pada server yang menjalankan sistem operasi Linux atau FreeBSD. Sistem yang paling umum adalah Ubuntu, Debian dan CentOS.

Popularitas hosting tersebut disebabkan oleh kenyataan bahwa sebagian besar sistem operasi berbasis UNIX didistribusikan shareware. Bahkan jika Anda membeli versi komersial, hosting Linux lebih murah daripada layanan serupa yang berbasis Windows.

Hosting Windows

Jenis server ini berjalan di Windows (Windows Server). Paket tarif lebih tinggi di sini karena komisi untuk menggunakan sistem komersial dan perangkat lunak. Hosting Windows menjalankan sumber daya yang memiliki konten dinamis berdasarkan teknologi ASP.

Hanya penyedia hosting yang memiliki lisensi khusus dari perusahaan - perjanjian SPLA - yang berhak menyediakan layanan hosting berbasis server di bawah Windows. Kehadirannya menjamin bahwa penyedia hanya menggunakan versi OS dan perangkat lunak berlisensi, bahwa sistem akan selalu memperbarui komponen dan perlindungan fungsional penting secara tepat waktu.

Hosting CMS

Jenis hosting ini dirancang untuk cara tercepat dan termudah untuk meng-host situs web berdasarkan CMS (Content Management System) umum. Parameter dasar layanan dikonfigurasikan sedemikian rupa untuk memastikan instalasi CMS yang cepat, kecepatan tinggi dan stabilitas kerja dalam kerangka shared hosting. Jenis layanan yang paling populer adalah WordPress dan Joomla hosting.

Keuntungan utama dari CMS hosting adalah kompleksitasnya. Pemilik situs ditawari solusi "all-in-one" yang tidak memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus dalam administrasi.

Banyak penyedia melengkapi hosting CMS dengan sejumlah layanan tambahan yang berguna. Misalnya, Anda dapat menggunakan transfer situs gratis, mendapatkan domain, atau sertifikat SSL sebagai hadiah.

Penggunaan praktis

Setiap jenis hosting fungsional dapat diimplementasikan berdasarkan jenis layanan apa pun, misalnya, di web hosting atau VPS. Itu tergantung pada kebutuhan dan anggaran klien.

Hosting untuk situs web adalah layanan yang memastikan penempatan dan pengoperasian berbagai jenis situs web di Internet.

File hosting - penyedia menyediakan penyimpanan yang aman untuk file dan data klien, memastikan keamanan mereka dan akses konstan ke mereka. Hosting email adalah platform untuk sistem email pribadi tanpa spanduk iklan. Surat tersebut dilindungi dari surat spam, memiliki satu atau lebih nama domain dan bekerja sesuai dengan salah satu protokol surat standar.

Hosting DNS~ DNS adalah mekanisme untuk mengubah nama domain menjadi alamat IP server yang terkait dengan proyek. Setiap domain yang dibeli terdaftar dalam sistem nama domain dengan mengikat ke server DNS tertentu . Anda tidak memerlukan server DNS Anda sendiri untuk ini, karena Anda dapat menggunakan layanan hosting DNS, yang sering disediakan oleh penyedia hosting untuk pelanggan Anda.

Hosting game ~ hosting untuk membuat server game dan game jaringan multipemain.

Desktop virtual sangat ideal bagi mereka yang membutuhkan komputer siap pakai yang dikonfigurasi dengan kemampuan untuk terhubung dari mana saja di dunia dari perangkat apapun.

Perbedaan antara hosting dan domain

Hosting menyediakan untuk semua sumber daya Internet ruang yang diperlukan di mana semua data dan elemen fungsional disimpan. Nama domain adalah alamat simbolis dari sumber daya online yang dimasukkan ke dalam bilah pencarian. Misalnya www.contoh.com.

Secara sederhana, setiap komputer memiliki alamat IP sendiri, tetapi terdiri dari angka-angka yang sulit diingat seseorang. Namun alamat yang sama juga memiliki arti literal berupa nama domain. Berkat ini, kita tidak perlu menggunakan kombinasi digital dan menghafalnya dengan susah payah. Setiap alamat dimasukkan ke dalam database pendaftar domain.

Hosting berbeda dari domain karena menyediakan tempat penyimpanan file dan data situs yang diperlukan untuk operasi normalnya. Nama domain bertindak sebagai lokasi situs di Internet, membantu menemukannya di antara yang lain.

Bersama-sama, domain dan hosting mewakili alamat virtual situs dan tempat penyimpanan fisik datanya. Tidak mungkin menemukan situs tanpa nama domain, tetapi tidak dapat diluncurkan tanpa lokasi file yang sesuai.

Perbedaan antara hosting dan server lokal

Lokal, juga rumah atau server "samping tempat tidur" sangat umum sebelum ketersediaan VPS dan server cloud. Awalnya, itu adalah seperangkat peralatan server rakitan kerajinan tangan, ditempatkan di apartemen biasa dan terhubung ke Internet rumah. Belakangan, server lokal mulai diproduksi dalam bentuk "server mini" profesional untuk digunakan di rumah.

Hosting berbeda dari server lokal dalam hal layanan dan tingkat keandalan yang dihasilkan.

Perbedaan utama

Alamat IP - penyedia sebagian besar tidak memberikan alamat IP "putih" kepada individu atau memerlukan pembayaran tambahan untuk layanan "Alamat IP khusus".

Server Surat - Sebagian besar rentang alamat IP penyedia rumah diblokir pada daftar spam. Oleh karena itu, server email tidak menerima sambungan SMTP masuk dari alamat tersebut. Catatan PTR yang benar, yaitu pengikatan host IP ke nama kanoniknya, memungkinkan masalah tersebut dihilangkan. Namun, sebagian besar penyedia tidak menyetujui ini atau memerlukan kesimpulan dari perjanjian terpisah.

Kurangnya dukungan dan perlindungan teknis - pengguna server lokal sendiri bertanggung jawab atas fungsionalitas, ketersediaan, dan keamanan server lokal. Jika terjadi serangan DDoS atau kegagalan perangkat lunak, Anda tidak dapat mengandalkan ISP, karena bukan tanggung jawab mereka untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Isolasi kebisingan - menjaga server di rumah adalah kegiatan yang agak tidak nyaman bagi penghuninya sendiri. Hampir tidak mungkin membuat komputer yang kuat tidak bersuara di apartemen. Bahkan pemindahan kabinet server ke dalam lemari atau ruang terpisah tidak selalu menyelamatkan situasi, karena masalah pembuangan panas lainnya segera muncul.

Apa yang harus dicari ketika memilih Hosting?

Biasanya, cukup mudah untuk memutuskan jenis layanan - penyedia sendiri yang meminta klien dengan rencana tarif yang sesuai, tergantung pada kebutuhan dan kemampuan finansialnya.

Tetapi membuat pilihan seperti itu sendiri akan jauh lebih sulit. Dalam prosesnya, perlu memperhatikan faktor-faktor yang menentukan efisiensi hosting, serta kesesuaian kualitas layanan dengan biayanya.

Poin pentingnya

Lokasi server dan pusat data . Keterpencilan server penyedia hosting dari wilayah di mana audiens target berada sangat penting. Idealnya, server harus berlokasi di negara yang sama tempat sumber daya Internet dibuat, dioperasikan, dan dipromosikan. Misalnya, jika server berlokasi di Amerika Serikat, dan situs tersebut dirancang untuk penduduk Moskow, maka kecepatan unduh akan sangat berkurang. Selain itu, mungkin ada inkonsistensi dengan persyaratan undang-undang tentang perlindungan data pribadi.

Ketersediaan dukungan teknis. Sebelum memilih layanan, Anda harus memahami dengan jelas spesialis mana yang akan bertanggung jawab atas pemeliharaan berkelanjutan situs hosting dan proyek yang dihosting di sana. Jika Anda tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk ini, Anda harus memilih perusahaan yang menyediakan dukungan teknis 24 jam bagi pengguna.

Biaya layanan. Ada hubungan langsung antara harga dan kualitas hosting - semakin mahal layanan yang dibeli, semakin kuat server dan dukungan teknis yang kompeten yang Anda dapatkan. Namun, pada berbagai jenis hosting, kisaran harga untuk sumber daya yang kurang lebih sama dapat berbeda secara signifikan. Misalnya, harga hosting berdasarkan VPS bisa 30-40% lebih murah daripada sumber daya server khusus dengan konfigurasi serupa.

Kecepatan. Kecepatan proyek Internet dipengaruhi oleh beberapa faktor, beberapa di antaranya juga bergantung pada hosting. Yang utama adalah jenis disk yang digunakan penyedia untuk servernya. Pilihan terbaik adalah hosting berdasarkan drive SSD cepat. Faktor penting kedua adalah bandwidth. Kecepatan transfer data secara langsung tergantung pada nilainya.

Keamanan. Pada berbagai jenis hosting, faktor ini tergantung pada tingkat kontrol pengguna atau administrator sistem atas penempatan sumber daya. Misalnya, pada shared hosting, manajemen sisi servernya minimal, sehingga hampir tidak mungkin untuk menjamin keamanan yang lengkap di sana. Dan pada VPS, di mana Anda dapat sepenuhnya mengontrol server virtual, tingkat keamanannya adalah salah satu yang terbaik. Selain pengelolaan, tingkat perlindungan sumber daya di hosting dari serangan DDoS juga sangat penting.

Kesimpulannya

Layanan hosting diperlukan untuk semua situs dan sumber daya lainnya di Internet. Jika proyeknya masih muda dan anggarannya sangat terbatas, masuk akal untuk memilih hosting bersama. Proyek yang lebih besar dengan lebih banyak pengguna biasanya menyewa VPS. Dan yang paling banyak dimuat memilih server khusus atau colocation mereka sendiri. Cloud hosting, karena skalabilitasnya yang cepat, paling cocok untuk situs dengan delta lalu lintas musiman yang tinggi.

Jika rasio kemampuan pelanggan dengan sumber daya yang dibutuhkan dihitung dengan benar, maka menemukan penyedia hosting yang sesuai tidak akan sulit. Cukup membandingkan kondisi dan harga, membaca ulasan dan berbicara dengan dukungan teknis untuk memeriksa kompetensi spesialis.


 

Copyright © 2022

   

teknikgadget.com