Pinjaman Online(pinjol)

Sebuah jenis pinjaman yang bisa di ajukan secara online. entah dari aplikasi mobile atau pun lewat pc desktop. hal inilah yang membuat pertumbuhan pinjol dari tahun ke tahun semakin meningkat. karena bermodalkan smartphone saja, kita diberikan akses mengajukan kredit dengan mudah. pasalnya modal ktp dan foto diri saja sudah bisa mencairkan dana kita. kemudahan proses itulah yang membuat banyak orang berimigrasi dari bank ke pinjol. persyaratan yang diberikan pinjol ke peminjam sangatlah tidak rumit. tidak seperti pihak bank yang menurut banyak orang, untuk meminjam saja prosesnya sangat lama. harus urus ini dan itu, yang membuat bank semakin ditinggalkan.

...
sumber gambar dari freepik.com

Kelebihan Pinjaman Online

-Pengajuan Yang Begitu Flexsible

Hal yang menjadi alasan Pinjol banyak dipilih adalah flexibilitasnya dibanding pinjaman konvensional. seluruh prosesnya dikerjakan secara online sehingga anda bisa meminjam kapan saja dan dimana saja selama jam kerja. dan seluruh prosesnya pun bisa dilakukan hanya dengan smartphone saja.

-Pinjaman Bisa Cair Secara instan

Nah inilah yang menjadi kelebihan pinjol selanjutnya. selain menawarkan kemudahan dalam proses pengajuan, pinjol juga memberikan kecepatan dalam mencairkan dana pinjaman. hal inilah yang membuat pinjol bisa menjadi solusi ketika kita sedang butuh uang yang begitu mendesak.

-Persyaratan Yang Tidak Ruwet

Salah satu hal yang paling mendasar seseorang memilih pinjol adalah persyaratan yang sangat mudah. di bank, kita perlu memberikan sejumlah aset untuk menjadi jaminan pinjaman, seperti surat BPKB atau sertifikat. berbeda dengan pinjol yang hanya meminta jaminan KTP, NPWP, dan slip gaji saja. tanpa memerlukan dokumen penting lainnya.

...
sumber gambar dari freepik.com

Kekurangan Pinjaman Online

Seperti Halnya pinjaman lainnya, pinjaman online juga mempunyai beberapa kekurangan yang harus kalian ketahui.

-Sistem Bunga Harian

Berbeda dengan pinjaman konvensional umumnya, kebanyakan pinjaman online menerapkan sistem bunga harian kepada nasabahnya. bahkan ada beberapa kasus mengatakan, jika pihak pinjol memberikan bunga yang begitu mencekik bagi para nasabahnya. jika tenor yang di ambil pihak nasabah sebentar mungkin tidak terlalu terasa bunganya, namun jika tenor yang diambil sampai berbulan-bulan lamanya, suku bunganya pun sangat terasa. dan bisa jadi memberatkan pihak nasabah.

-Limit Kredit dan Tenor Terbatas

Tidak seperti pinjaman yang menyediakan limit kredit sampai puluhan hingga ratusan juta, pinjaman online memiliki limit Kredit yang sangat kecil. hal itu mungkin didasari jaminan yang mudah juga, yang hanya bermodal KTP saja. selain limit kredit, tenor yang diberikan kebanyakan pinjol itu sangatlah singkat. biasanya tidak lebih dari 6 bulan.

-Penyalahgunaan Data Pribadi

Nah ini yang cukup jadi sorotan banyak masyarakat saat ini. pasalnya ada beberapa kasus kalau data pribadi nasabah suatu pinjol disebar luaskan ke medsos karena pihak nasabah telat atau menunggak membayar angsuran. terlebih yang ditakutkan banyak orang adalah, jika nasabah gagal bayar maka bisa jadi data diri kita dibuat hutang kembali ke pihak bank.

-Didatangi Debt Collector

Salah satu resiko berhutang ya ditagih. nah walaupun sistem pinjol itu online, bukan berarti ketika ada nasabah yang menunggak atau nggak mau membayar angsuran akan ditagih secara online juga. sama halnya peminjam bank biasa, kadang ada yang bandel, kadang juga nggak. nah untuk menghadapi orang-orang ini nggak akan bisa dilakukan secara online, malah kalau ditagih hanya lewat online saja, uang pihak pinjol akan dibawa kabur oleh pihak nasabah.

Copyright © 2021

   

teknikgadget.com